MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN
MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI
Manfaat Teknologi Informasi Sebagai
Pembelajaran Interaktif Selain memungkinkan terjadinya komunikasi tanpa batas
ruang dan waktu, teknologi interaktif juga bisa dimanfaatkan untuk mencakup
pembelajaran interaktif. Pembelajaran cara ini merupakan pembelajaran yang kaya
media, kaya informasi, dan kaya komunikasi. Dengan menggunakan teknologi
interaktif, manusia bisa belajar dari materi yang disampaikan dengan format
multimedia.
Dalam pembelajaran interaktif
berbasis teknologi, belajar menjadi lebih menarik karena diperkaya dengan
suara, gambar, gambar bergerak, dan tingkat interaktivitas dengan media
tersebut (misalnya: klik, mouseover). Tetapi, yang lebih utama adalah
menggunakan teknologi untuk memungkinkan interaksi dengan instruktur, sesama
pelajar, dan sumber belajar lain di luar batas ruang (di perusahaan lain,
negara lain, benua lain, dan di industri yang lain) agar pembelajaran dan
pengalaman belajar menjadi lebih berarti dengan hasil yang lebih baik.
Survei di bidang pembelajaran bahasa
Inggris membuktikan bahwa pembelajaran di kelas dengan kualitas guru yang baik,
yang diperkaya dengan pembelajaran berbasis teknologi interaktif dapat
mengurangi waktu belajar secara signifikan.
Dengan demikian pembelajaran
berbasis teknologi interaktif dengan kualitas guru yang sama menjadi 40 persen
sampai 60 persen lebih cepat daripada belajar di kelas tanpa bantuan media
apapun. Diposkan oleh Manfaat Teknologi Informasi Manfaat EdukasiNet bagi Guru
dan Siswa Manfaat yang penulis rasakan dengan keberadaan edukasinet yang dapat
diakses kapan dan dimana saja, memiliki manfaat yang sangat besar baik bagi
guru itu sendiri maupun bagi siswa diantaranya adalah:
1.
Membantu guru dalam menjelaskan konsep-konsep yang bersifat
abstrak. Dengan kata lain dapat membantu dalam mengatasi keterbatasan media
pembelajaran,
2.
Proses belajar mengajar bisa lebih menarik dan
interaktif karena adanya animasi dan simulasi yang menjadi stimulus bagi siswa
dalam berinteraksi,
3.
Bagi siswa dapat digunakan sebagai bahan pengayaan
untuk belajar secara mandiri, sehingga semakin banyak siswa gemar dan menekuni
lebih jauh,
4.
Memungkinkan guru membuat white board interaktif
dengan mengakses bahan pengajaran dan ditayangkan melalui proyektor. Dengan
demikian keberadaan dan kehadiran edukasinet dapat digunakan sebagai media
alternatif yang lebih efektif dan efisien sehingga dapat menciptakan suasana
belajar mengajar yang lebih variatif dan menyenangkan.
Ragam
Pemanfaatan TIK dalam Dunia Pendidikan Ragam Pemanfaatan TIK dalam Dunia
Pendidikan Teknologi informasi merupakan suatu proses perkembangan teknik,
metode dan media komunikasi untuk bertukar informasi antar manusia. Pada
awalnya manusia bertukar informasi melalui bahasa. Melalui bahasa orang lain
dapat memahami informasi apa yang kita sampaikan. Dengan bahasa orang dapat
menerima informasi namun jangkauan informasi yang disampaikan tersebut
sangatlah terbatas baik secara ruang ataupun waktu. Kita menyampikan sesuatu
melalui bahasa pada suatu saat mungkin hanya dapat menjangkau pada beberapa
puluh orang saja.
Selain dari
bahasa, media yang digunakan dalam berkomunikasi adalah gambar. Melalui gambar
pesan yang disampaikan dapat menjangkau sasaran yang lebih luas serta mempunyai
dimensi waktu yang lebih lama. Informasi yang disampaian dapat bertahan lebih
lama dibandingkan dengan media bahasa. Selanjutnya manusia menciptakan huruf
dan angka yang membentuk sebuah kalimat untuk menyampaikan pesan-pesan
informatif. Melalui teknologi ini informasi dapat lebih cepat,
terdokumentasikan dan mempunyai jangkauan sebar yang lebih luas dibandingkan
dengan media gambar. Perkembangan dunia komunikasi telah sampai pada titik
dimana manusia melakukan rekayasa dengan mensinergikan ilmu pengetahuan yang
diimplementasikan dan dikembangkan secara terus menerus (teknologi).
Rekayasa
pemanfaatan teknologi dalam proses komunikasi tersebut telah melahirkan sebutan
teknologi informasi. Sebenarnya teknologi informasi ini menunjuk pada sabuah
tatanan kuat implementasi ilmu pengetahuan yang diperoleh dan dikembangkann
oleh manusia. Tatanan ini telah mencapai pada suatu titik dimana terdapat
pengakuan bahwa hasil pengembangan ilmu pengetahuan sudah diakui oleh masyarakat
dalam membantu mempermudah kehidupan masyarakat. Pada saat ini teknologi
informasi telah merambah pada semua dimensi kehidupan masyarakat. Hal ini
diperkuat dengan adanya proses integrasi antara ragam kehidupan masyarakat
dengan teknologi serta antara teknologi yang telah teraplikasi dengan teknologi
lainnya. Disamping itu juga telah terjadi pengayaan sebuah teknologi. Dulu
handphone hanyalah sebuah alat untuk menelopon semata. Namun sekarang telah
terjadi integrasi dengan komputer serta pengayaan fungsi tidak hanya sebagai
alat untuk menelepon.
Teknologi
informasi telah menjangkau pada semuata tatanan kehidupan masyarakat termasuk
dalam dunia pendidikan. Sebenarnya teknologi adalah sebuah tool yang apabila
diketahui cara memanfaatkannya dapat memberikan kemudahan dan keefektifan dalam
berkomunikasi dan berinteraksi. Sehingga teknologi informasi bagi dunia
pendidikan akan dapat memberi nilai lebih jika mengetahui bagaimana cara
memanfaatkannya.
Karakteristik
Media dalam Multimedia Pembelajaran Karakteristik Media dalam Multimedia
Pembelajaran Sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran, pemilihan dan
penggunaan multimedia pembelajaran harus memperhatikan karakteristik komponen
lain, seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran.
Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
1.
Memiliki lebih dari satu media yang konvergen,
misalnya menggabungkan unsur audio dan visual.
2.
Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan
untuk mengakomodasi respon pengguna.
3.
Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan
dan kelengkapan isi sedemikian rupa sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa
bimbingan oran lain.
Selain
memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memenuhi
fungsi sebagai berikut:
1.
Mampu memperkuat respon pengguna secepatnya dan
sesering mungkin.
2.
Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk
mengontrol laju kecepatan belajarnya sendiri.
3.
Memperhatikan bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang
koheren dan terkendalikan.
4.
Mampu memberikan kesempatan adanya partisipasi dari
pengguna dalam bentuk respon, baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan,
percobaan dan lain-lain.
Manfaat Multimedia dalam Pembelajaran Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik,
lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa
dapat ditingkatkan dan prises belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan
kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan. Manfaat di atas akan
diperoleh mengingat terdapat keunggulan dari sebuah multimedia pembelajaran,
yaitu:
1.
Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak
oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron dll.
2.
Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin
dihadirkan ke sekolah, seperti gajah, rumah, gunung, dll.
3.
Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit
dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya
suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dll.
4.
Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti
bulan, bintang, salju, dll.
5.
Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya,
seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dll.
Komentar
Posting Komentar