PERANGKAT KERAS TEKNOLOGI INFORMASI
Perangkat Keras dan Fungsinya
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa
komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang
saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak
berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik.
Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras
(hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
komponen dasar komputer yang terdiri dari input,
process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse,
Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers
dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage
external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape.
Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal
Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau
tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem,
Capture Card.
1.
UNIT MASUKAN ( INPUT DEVICE )
Unit ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu
memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk
mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk
memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu : Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu : Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner. Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless..
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan
GUI (Graphical User Interface).
sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser
sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser
Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah
atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri
mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
a. Touchpad
Unit masukkan
ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan
sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick
dan trackball.
b. Light Pen
Light pen adalah
pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan
screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal
cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan
merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
c. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa
digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk
tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat
dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu
objek dalam komputer.
d. Barcode
Barcode termasuk
dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu
kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap
kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnyadengan barcode.
e. Scanner
Scanner adalah
sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks
yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer
selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini
mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui
monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi
dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file
gambar.
Selain scanner
untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar
jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar
jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah
dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem
kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar
jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat
tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
f. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk
file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital
yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis
kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan
gambar hidup atau bergerak seperti halnya video
g. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini
berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori
komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam
suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat
chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya
yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara
h. Graphics Pads
Teknologi
Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin
mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini
merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang
digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang
dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada
bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive
membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan
menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch
sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan
kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
2. UNIT PEMPROSES
(PROCES DEVICE)
a. Piranti pemroses adalah piranti yang bertugas
memproses masukan yang diterima oleh computer sehingga dihasilkan informasi
yang sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam computer adalah CPU
(Central Processing Unit)
Processor
Processor
Processor merupakan nama singkat dari
microprocessor dan sering di sebut CPU (central processing unit). Komponen ini
berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah seceping silikon yang berukuran
kecil persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektrik
lainnya.Processor salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer,
Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data. CPU terdiri atas tiga komponen
utama yaitu :
1. Arithmetic Logic Unit (ALU)
ALU berfungsi
untuk melaksanakan seluruh penghitungan (penambahan, pengurangan, perkalian,
dan pembagian) dan operasi logika.
2. Control Unit (CU)
CU berfungsi
untuk mengendalikan semua komponen dalam sistem komputer, seperti otak manusia
yang mengontrol semua saraf dalam tubuh sehingga semua anggota tubuh dapat
digerakkan dan dikendalikan.
3. Memory
Memory adalah
ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory
(penyimpan memory utama) dan backing storage (penyimpan cadangan).
Komponen ini
berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dapat berupa
data atau program, diantaranya:
§ Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan
sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
§ Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum di
kirim ke piranti keluaran
§ Menampung program/intruksi yang berasal dari
piranti masukan atau dari piranti pengingat sekunder
Memory dibedakan atas ROM dan RAM. Selain itu ada
pula memory yang di sebut cache memory.
ROM(Read Only Memory) merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan.
ROM(Read Only Memory) merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan.
RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang
isinya dapat berganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat
mengingat data selama arus listrik tidak terputus. RAM berfungsi sebagai
penyimpan dan mengambil data dengan cepat.
Cache memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.
Cache memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.
b. Motherboard
Motherboard
terkadang disebut system board, main board dan plannar. Komponen ini terdiri
atas sejumlah komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa dilepas) dan
slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas, misalnya
sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram. Ada beberapa motherboard
yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard.
Slot-slot
motherboard memungkinkan pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade,
istilah ekspansi merupakan meningkatkan kemampuan komputer dengan cara
menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup
pada system sebelumnya. Bagian - bagian dari Motherboard :
1. Bios (Basic Input Output System) : adalah program
yang disimpan dalam Rom (read only memory), program ini bersifat permanen dan
bertugas pada saat power on, maka instruksi komputer pertama yang aktif adalah yang berada pada ROM-BIOS.
2. AGP slot : Digunakan sebagai tempat untuk VGA tipe AGP
3. PCI slot : Digunakan untuk perangkat keras tambahan
seperti : Sound Card, Land Card, Modem.
4. Slot processor : Digunakan sebagai tempat untuk
Processor
5. Baterai CMOS : Digunakan untuk mengatur waktu ketika komputer sedang Off
6. Slot Input Output : Digunakan untuk
hardware-hardware input dan output, seperti : keyboard, mouse, printer, monitor.
7. Slot Memory : sebagai tempat untuk RAM
8. Slot Floopy : Digunakan sebagai tempat kabel data untuk floopy
9. Slot hardisk dan cd-rom : Digunakan untuk tempat kabel data hardisk dan cd-rom
10. Power supply connection : Digunakan sebagai tempat
connector power suply ke motherboard
c. Catu Daya
Catu daya (power
supply) berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer. Masukan
komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya catu daya
mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang
sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Catu daya dapat
di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan
casing komputer
3.
UNIT PENYIMPANAN (Backing Storage)
Backing Storage
juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif
di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape
drive dan direct acces contohnya disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket),
CD/DVD ROM dan sebagainya
a. Harddisk
Harddisk terbuat
dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magneti
pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan
dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat
b. Floppy disk
Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang
terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini
bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan
disket, disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas.
c. Magneto-optical
Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive
magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan
bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam
masyarakat pengguna komputer
d. Optical disk
Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar
laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang
digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanent dan tidak
dapat dirubah dan dihapus, yang dinakan CD-ROM (compact disc-read only memory).
Namun, sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang
banyak pilihan keeping CD yang dapat ditulis dan dihapus unutk dipakai lagi
yang disebut CD-R (compact disc-recordable). dan CD-RW (compact disc-
recordable writeable).
e. Memory
memory adalah mekanisme penyimpanan data yang
digunakan oleh computer. Dalam computer semua data terdiri dari serangkaian
angka, komputer menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian
digunakan.Memory dalam computer dibagi menjadi ;
§ Internal Memoy
internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip computer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM
internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip computer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM
§ memory ekternal
memory ekternal juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal, penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang disebut
memory ekternal juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal, penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang disebut
4.
UNIT KELUARAN (Output Device)
Alat output
merupakan tempat untuk mengeluarkan hasil proses yang dilakukan oleh komputer.
Hasil proses tersebut berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengguna komputer.
Beberapa contoh alat output, yaitu Monitor, Printer, Plotter, dan Speaker
a. Monitor
Monitor merupakan piranti atau peripheral yang
termasuk dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti ukuran telivisi, yakni
didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Untuk ukuran
monitor desktop yang saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21” untuk ukuran
laptop yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1”
Untuk ukuran resolosi di tentukan jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain junlah piksel yang tersusu di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinyamaka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor. Berdasarkan pembuatannya monitor terbagi atas :
14”
Untuk ukuran resolosi di tentukan jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024 baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain junlah piksel yang tersusu di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinyamaka semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor. Berdasarkan pembuatannya monitor terbagi atas :
14”
§ Monitor CRT (Cathode Ray Tube)
Monitor CRT
memiliki layer yang teruat dari tabung hampa, sama seperti tabung telivisi hal
ini membuat monitor CRTmemiliki ukuran relative besarbila dibandingkan dengan monitor LCD
§ Monitor Layar Datar (Flat Panel Display)
Menurut jenisnya Layar datar terbagi atas : LCD, EL
dan Plasma. Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keeping bahan yang terpolarisasi
dengan ditambah cairan krystal diantara kepingan tersebut. sinyal listrik yang
dilewatkan melalui melalui cairan kristal akan membuat kristal di dalamnya akan
mencengat cahaya yang lewat
Oleh karena itu tampilan LCD jenis monochrome biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap dengan latar belakang abu-abu muda. Jenis LCD berwarna menggunkan dua jenis teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix
Oleh karena itu tampilan LCD jenis monochrome biasanya berupa citra berwarna biru atau gelap dengan latar belakang abu-abu muda. Jenis LCD berwarna menggunkan dua jenis teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix
b. Printer
Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk
membuat cetakan pada kertas, berdasarkan teknologi pencetakannya prnter dikelompokkan manjadi:
1. Impact
Printer jenis
ini sering disebut hammer, karena pencetakannya delakukan dengan memukul
sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. letak pin sangat berdekatan sehingga
membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin berkisar antara 9
hingga 24 pin, semakin banyak junlah pin maka semakin halus tulisannya,
keunggulan printer ini terletak pada kemampuan mencetak dengan kertas rangkap
yang tidak bisa dilakukkan printer lain, yang termasuk printer jenis ini
diantaranya :
Dot Matrix
(printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin)
Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)
Line Printer ( printer yang mencetak satu baris perwaktu)
Daisy Wheel (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)
Line Printer ( printer yang mencetak satu baris perwaktu)
2. Thermal
Printer thermal
merupakan pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan berwarna dengan kualitas
tinggi. Cetakan berwarna printer thermal memerlukan kertas berlapis lilin atau
parafin, dan panas akan membakar titik-titik pada kertas khusus tersebut
sehingga hasil cetakannya pun bagus. Untuk cetakan hitam putih, printer thermal
tidak memerlukan kertas khusus bisa dengan kertas biasa
3. Ink-Jet
Printer Ink-Jet
adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprot titik-titik tinta
yang bermuatan listrik ke kertas cetakan, printer ini bisa digunakan untuk
cetak berwarna atau hitam putih, mencetak pada kertas biasa atau pad plastic
untuk bahan presentasi
4. Laser
Printer Laser yang
memberikan hasil yang terbagus, printer ini dirancang untuk komputer Mainframe
karena memiliki kecepatan sekitar 229 hal per menit, sedangkan untuk komputer
PC dengan kecepatan 4 sampai 25 hal per menit.
5. Multifungsi
Printer
multifungsi merupakan jenis printer yang memiliki berbagai fungsi, misalnya
digunakan untuk : fotocopy, scanner, bahkan ada bisa untuk fax
Komentar
Posting Komentar